Nuklir Energi Masa Depan yang Ramah Lingkungan

Hari ini berkesempatan mengikuti rapat dengan Kepala Pusat Badan Tenaga Nuklir Nasional beserta jajaran tentang kajian lanjutan potensi tapak PLTN di Pulau Sumbawa dan kajian mikrotremor untuk membantu memetakan potensi bencana gempa di Lombok Utara.

Alhamdulliah jadi dapat tambahan ilmu ni…hehe


Tahukah Anda bahwa PLTN itu merupakan pembangkit listrik paling bersih dan paling aman?
Kalau paling bersih mungkin semua akan setuju karena memang polusi yang diakibatkan memang sangat kecil karena pembangkit listrik listrik tenaga nuklir merupakan pembangkit yang paling efisien. Dengan sedikit bahan sudah bisa menghasilkan energi yang sangat besar.
Tapi kalau bicara paling aman disini banyak yang tidak setuju..😅 ya ialah nuklir gitu lho.
Disinilah kita harus berfikir anti-mainstream bahwa semakin bahaya sesuatu makan akan diperlakukan semakin hati-hati. Contoh saja pesawat, kalau pesawat jatuh potensi selamanya paling kecil tapi karena diperhatikan sangat baik maintenance dan prosedurnya maka pesawat menjadi moda transportasi paling aman dan nyaman.
Kita kembali ke bahasan tentang nuklir. Untuk membuat sebuah PLTN semua potensi failure direncana tapak dikaji dengan seksama mulai dari jenis batuan, umum, dan kekuatan batuan serta potensi gempa, potensi tsunami, potensi Gunungapi, longsor, cuaca dll yang sampai lupa saya menyebutkan jenisnya.
Konstruksi pun di design khusus dengan kriteria bangunan teraman dari semua aspek yang bisa diperhitungkan.
So… untuk contoh saja guys.
Di Jepang ada lebih dari 20 PLTN yang telah dibangun dari tahun 60an dan tidak ada satupun yang pernah bocor atau rusak bahkan oleh gempa sebesar 9 SR tahun 2011 kemarin.

Belajar geologi bareng bang kus..

(Visited 26 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *