Gempa Bumi 6 SR di 83 km BaratDaya Bali

Gempa bumi dengan kekuatan M=6,0 pada kedalaman 68 km terjadi di koordinat 9,11 LS dan 114,54 BT atau 83 km BaratDaya Nusa Dua-Bali pada Pukul 07:18:35 WIB tanggal 16 Juli 2019. Selanjutnya informasi tersebut dilakukan pemutakhiran menjadi M=5,8 dengan Episenter gempabumi terletak pada koordinat 9,08 LS dan 114,55 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 80 km arah selatan Kota Negara, Kabupaten Jembrana, Propinsi Bali pada kedalaman 104 km. BMKG

Melihat dari kekuatan gempa bumi dan kedalaman hiposternya kemungkinan besar gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

Gempa bumi ini kemungkinan besar diaktifkan oleh diaktifkan oleh sesar di sepanjang zona busur depan zona subduksi lempeng Indo-Australia yang menunjam dibawah Lempeng Eurasia. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan jenis naik mendatar (oblique thrust fault).

Gempa bumi ini berjarak kurang lebih 200 km dari zona subduksi atau megathrust Palung Jawa. Mengingat penunjaman lempeng palung Jawa dibagian selatan Jawa, Bali & Nusa Tenggara relatif dalam maka gempa bumi ini kemungkinan besar tidak diaktifkan langsung oleh megathrust itu sendiri tapi oleh sesar lokal disepanjang busur depan ini.

Potensi gempa besar disekitar lokasi gempa bumi..

Dari sejarah gempa bumi dari USGS maksimal gempa bumi yang bisa terjadi didaerah sekitar lokasi gempa bumi tidak lebih dari 6,5 SR. Oleh karena itu, kemungkinan besar tidak ada potensi yang lebih besar dari kejadian gempa bumi ini.

#bangkus

(Visited 815 times, 1 visits today)

2 thoughts on “Gempa Bumi 6 SR di 83 km BaratDaya Bali

  • July 17, 2019 at 11:42 pm
    Permalink

    Tdi sya baca postingan dri seorang ahli geology pak di post itu trtulis gmpa yg kmaren trjdi di bali menandakan lempeng yg ada di bali masih aktif dan bisa aja mngluarkan gempa yg lbih signifikan itu gimana pak..sya search lgi postingan bpk yg ini sya bca ulang lgi artikel cd bilang gk akn ada potensi yg lbih besar tpi ahli yg itu bilang sbaliknya..gimana ya pak🤓 ?

    Reply
    • July 18, 2019 at 11:47 am
      Permalink

      Kalau ditempat terjadinya gempa kemarin memang tidak akan terlalu besar potensi gempa buminya. Tapi kalau lebih selatan lagi disepanjang zona subduksi/megathrust potensinya bisa lebih dari 8 sr

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *