Gunung Rinjani Bertopi Awan Putih-Wah Indahnya

Salah satu pemandangan yang tidak biasa terlihat dipuncak Rinjani berupa awan putih bersih yang mengelilingi puncak gunung Rinjani sehingga gunung Rinjani seperti memiliki topi.

Fenomena ini terlihat dari lereng sebelah Timur Rinjani tepatnya di Desa Sembalun Lawang dan Sembalun Bumbung Kecamatan Sembalun tapi kapan pastinya fenomena ini terlihat belum ada informasi yang valid tentang hal tersebut.

Setelah bang kus menelusuri informasi terkait formasi awan seperti ini bang kus mendapatkan informasi bahwa kejadian seperti ini tidak hanya muncul di puncak Gunung Rinjani, beberapa gunung di Indonesia pernah mengalami kejadian serupa contohnya di puncak Semeru pernah terjadi hal serupa pada tanggal 10 Desember 2018. Jadi kejadian awan berbentuk topi ini adalah kejadian yang biasa terjadi dipuncak gunungapi.

Apa jenis dan bagaimana mekanismenya bang?

Awan jenis ini disebut lentikularis atau altocumulus lenticularis yang terbentuk oleh adanya pusaran angin dibagian puncak. Jadi karena adanya angin yang berputar-putar dibagian puncak, awan yang berada pada ketinggian sekitar 3.000 meter pada pagi haripun ikut pusing sehingga mutar-mutar saling saling tarik dan berkumpul membentuk pola topi yang indah seperti yang ada di foto profil diatas.

Cuaca yang sangat dingin di lereng dan puncak Rinjani bisa menjadi pemicu terbentuknya awan ini sehingga salah satu dampak yang perlu diwaspadai dari fenomena ini adalah kondisi dingin yang berlebihan dibagian puncak atau plawangan Rinjani.

Bagi Anda yang berniat mendaki Rinjani agar memperbanyak bawa pakaian tebal dan selimut sehingga tidak terkena hypothermia di puncak atau Plawangan.

Bagi yang sedang berwisata ke lereng Rinjani bagian Timur atau daerah Lembah Sembalun, melihat pemandangan seperti ini bisa menjadi momen yang sangat menarik untuk diabadikan. Selain itu di Sembalun banyak tempat-tempat yang menarik dan Instagrameable untuk dikunjungi seperti Pusuk Sembalun, bukit Pengangsingan, kebun Strawberry dan apel dan air terjun Mangku Sakti.

Selamat berlibur…

(Visited 8,422 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *