Jalan Panjang Ilmuan Menyatakan “Potensi Gempa Bumi 8,8 SR dan Tsunami 20 Meter di Palung Jawa”

Udin : Bang akhir-akhir ini saya merasa resah, kok ilmuan dengan mudahnya mengatakan bahwa di zona megathrust palung Jawa memiliki potensi gempa bumi sampai 8,8 SR dan potensi tinggi gelombang tsunami sampai 20 meter?

Kamu harus paham dulu duduk permasalahannya Din. Ilmuan adalah orang-orang yang mendedikasikan seluruh energi dan pikirannya untuk menemukan cara membuat hidup manusia bisa lebih baik. Contoh nyatanya adalah Ilmuanlah yang berada dibelakang layar menciptakan alat komunikasi canggih yang kita gunakan saat ini. Mobil Lamborgini yang dikendarai oleh Syahrini tidak akan ada kalau tidak ada ilmuan dalam bidang otomotif.
Begitu juga dalam bidang kebumian, ilmuan dengan sekuat tenaga dan pikir berusaha meneliti fenomena kebumian sehingga dapat bermanfaat untuk manusia. Ilmuan di bidang Kebumian memang tidak setenar dibidang-bidang yang lebih aplikatif dan langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat tapi mereka juga tidak kalah gencarnya meneliti fenomena dibumi ini untuk ke maslahatan masyarakat.
Salah satu topik yang cukup krusial diteliti akhir-akhir ini adalah penelitian kebencanaan geologi. Walaupun kajian kebencanaan sering kurang diliring oleh pemberi hibah, kejadian bencana yang terjadi dengan tiba-tiba sering mengakibatkan jumlah korban jiwa dan harta benda yang sangat banyak menimbulkan kepedulian untuk lebih didalami. Para ilmuan mencoba melakukan berbagai macam upaya dan pendekatan untuk mengetahui karakteristik bencana dan cara pengurangan resikonya.
Kajianpun tidak mudah karena ilmuan kebumian seperti dokter untuk bumi yang sedang berusaha mendiagnosa penyakit atau anomali yang terjadi didalam tubuh bumi untuk selanjutnya dicarikan resep penyembuhan. Mengingat begitu kompleknya sistem didalam bumi penelitian juga membutuhkan waktu yang lama, alat yang lebih canggih dan mahal baik dilapangan maupun dilaboratorium.

Udin : Wah ternyata keren juga para ilmuan kebumian ya bang…

Ya benar Din, salah satu tugas ilmuan juga adalah menyederhanakan sesuatu yang rumit menjadi mudah dipahami oleh masyarakat. Coba kalau kita mau kirim SMS harus pakai script pemprograman kan ribet.hehehe

Kembali ke topik informasi sederhana tentang potensi gempa bumi dan tsunami yang dikeluarkan oleh ilmuan tersebut sebenarnya dihasilkan dari penelitian yang panjang dengan data inventory yang banyak mulai dari data GPS dan Seismik yang dipasang dibanyak tempat, remote sensing satelit, sejarah kegempaan, eksvasi endapan tsunami sampai berlayar ke tengah Samudra untuk mengetahui pergerakan lempeng tersebut. Hanya untuk mengatakan bahwa Potensi maksimal Gempa Bumi di Palung Jawa adalah 8,8 SR dan potensi maksimal gelombang tsunami adalah 20 meter.

Udin : Ternyata tidak mudah untuk mengucapkan itu ya Bang, terus apa yang harus dilakukan supaya mengurangi keresahan saya ini?

Informasi yang benar itukan sifatnya ilmu pengetahuaan Din, jadi sikap kita terhadap ilmu pengetahuaan ya kita terima dan apabila itu berupa itu berupa arahan ya harus berusaha kita ikuti arahannya. Kan sudah jelas arahannya untuk kita yang tinggal didaerah yang berpotensi gempa bumi untuk kedepannya kalau kamu sudah menikah dan mau bangun rumah bangunlah yang tahan goncangan gempa bumi. Sedangkan untuk tsunami, apabila tempat tinggal kita berpotensi tsunami terutama yang ada didaerah Selatan ini terapkan tiga 20 (20:20:20) yaitu 20 pertama apabila merasakan gempa bumi lebih dari 20 detik maka 20 keduanya segera melakukan evakuasi sebelum 20 menit yaitu 20 ketiganya ke daerah yang elevasinya lebih tinggi dari 20 meter.

Bagaimana sudah sudah berkurang belum resahnya?

Udin : Alhamdulliah berkurang Bang, terima kasih ya atas penjelasannya.

Ingat pesan BNPB ” kenali ancamannya, siapkan strategi, siap untuk selamat ” http://www.bnpb.go.id

(Visited 6,683 times, 1 visits today)

2 thoughts on “Jalan Panjang Ilmuan Menyatakan “Potensi Gempa Bumi 8,8 SR dan Tsunami 20 Meter di Palung Jawa”

  • July 23, 2019 at 1:57 pm
    Permalink

    Sangat bermanfaat… Injin share bang kus 🙂🙏🏾
    Wahyu Hary

    Reply
    • July 23, 2019 at 2:20 pm
      Permalink

      Siap Pak Wahyu

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *